Metallica Album 2008

18 September 2008


Ngomongin musik metal tentu kita gak bisa lepas dari salah satu super grup yang sangat nge-top di akhir 80 hingga pertengahan 90-an; Metallica. Band metal asal Amerika yang mencapai puncak karirnya setelah merilis Black album yang berisi hits-hits keren Enter Sandman, Sad But True, The Unforgiven, Nothing Else Matters. Sayangnya –kalo boleh gue bilang Black album tersebut merupakan anti klimaks dari karir Metallica. Rilisan2 Metallica pasca Black album jeblok di kancah metal scene dunia. Hal ini berimbas pada popularitas dan penjualan album.

Perubahan style musik dituding sebagai penyebab menurunnya popularitas Metallica di jagat metal dunia. Eksplorasi, ekspreimen dan mencoba menyesuaikan selera pasar membuat musik mereka tak lagi sekeras dulu lagi. Buat gue pribadi, gue lebih menyukai musik Metallica saat awal2 karir mereka dimana mereka memainkan musik secepat dan sekasar mungkin serta seolah tanpa kompromi. Seek And Destroy, Creeping Death, Fade To Black adalah beberapa track favorit gue.
Tahun 2008 ini Metallica mencoba kembali meraih kesuksesan di kancah metal scene dunia ketika
mereka mengumumkan akan merilis album baru yang merupakan album studio ke sembilan mereka. Rencananya album ini akan dirilis bulan September dengan judul Death Magnetic. Secara bertahap Metallica mengumumkan segala sesuatu perihal album ini melalui internet yang diawali dengan rencana rilis, judul album, cover artwork dan terakhir judul2 lagu di album Death Magnetic ini.

Gue pikir ini adalah strategi pemasaran yang jitu dimana fans Metallica dari seluruh penjuru dunia dibuat penasaran dan berdebat sengit di forum2 musik di internet dengan tema sentral akan seperti apakah Metallica di album mereka yang ke-sembilan ini?

Dan jujur gue pun saat ini penasaran akan hal tersebut diatas. Semenjak musik mereka gak sekeras dulu lagi, terus terang gue malas mengikuti perkembangan soal Metallica. Tapi sekarang dengan ramainya para metalhead dari seluruh dunia ngeributin soal album baru Metallica ini mau gak mau bikin gue penasaran juga.

Gue sih cuman bisa berharap semoga album baru Metallica ntar bisa menjadi penanda come back mereka ke fitrahnya sebagai band metal. Meminjam istilah salah seorang metalhead di salah satu forum “Bring metal back to its root!”
Sumber http://www.infogue.com

0 Comments: